Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Kata-Kata Dalam Bahasa Inggris Ini Sering Salah Diucapkan

Kata-Kata Dalam Bahasa Inggris Ini Sering Salah Diucapkan

Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia memiliki 26 huruf yang sama dalam abjad bahasa, namun keduanya sangat berbeda dalam cara pengucapannya. Tahukah kamu, Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa fonetis? Artinya, pengucapan setiap kata sama persis dengan ejaan dan bunyi setiap huruf. Itulah alasan mengapa bahasa Indonesia lebih mudah dipahami. Hanya dengan mendengar atau melihat suatu kata, kita dapat langsung mengetahui ejaan ataupun pelafalannya.

Namun, beda halnya dengan bahasa inggris yang bukan bahasa fonetis. Bahasa Inggris memiliki sistem pengucapan yang rumit. Misalnya, pengucapan huruf a dalam kata ant dan car yang berbeda. Bahkan ada huruf yang tidak diucapkan meskipun terdapat dalam kata. Hal-hal seperti ini tentu menyulitkan bagi kamu yang baru belajar bahasa inggris, kan?

Lalu, apa saja sih kata dalam bahasa inggris yang sering salah eja?

EF sudah merangkum beberapa kata yang paling sering keliru diucapkan serta bagaimana pelafalan yang benar untuk membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Vehicle (Kendaraan)

Menurut aturan ejaan dalam bahasa Inggris, huruf hidup (vokal) terakhir dalam kata yang berakhiran huruf e harus diucapkan secara panjang.

Contoh dalam kata dine, fine, dan mine, huruf i dibunyikan ai.

Namun, aturan ini ternyata tidak selalu berlaku dalam beberapa kata serupa, misalnya vehicle. Pengucapan vehicle yang benar adalah vee-hik-el. Hal sama berlaku untuk kata determine (dee-ter-min) dan examine (ex-a-min).

Castle (Kastil)

Seperti juga huruf k, huruf t yang terletak di tengah kata seringkali tidak dibunyikan. Jadi, castle diucapkan cas-sel. Aturan ini juga berlaku untuk listen (lis-sen), fasten (fas-sen), dan whistle (wis-sel).

Stomach (Perut)

Digraf atau biasa dikenal huruf rangkap ch seringkali dibunyikan tj, seperti dalam kata chicken, chair, dan beach. Tapi, apakah kamu juga menerapkan aturan yang sama pada kata stomach?

Jika ya, mulailah mengubah cara pengucapannya menjadi sto-mek. Karena sebenarnya ch dalam kata stomach berbunyi k seperti black, duck, dan trick.

Mosque (Mesjid)

Kata ini sering muncul dalam percakapan berbahasa Inggris di Indonesia karena berkaitan erat dengan budaya setempat. Meski begitu, kata ini termasuk kata yang paling sering salah diucapkan.

Kenapa? Karena akhiran huruf rangkap ue membuat banyak orang cenderung melafalkan kata itu sebagai mosk-you. Aturan yang benar adalah ue tidak dibunyikan, sehingga pelafalan mosque yang tepat sebenarnya singkat dan sederhana: mosk.

Queue (Antre)

Kata yang satu ini mungkin sering membingungkan kamu yang baru belajar bahasa inggris. Lalu, bagaimana sih pengucapannya?

Sebenarnya sederhana. Seperti pelafalan pada kata Mosque, kata Queue dibaca seperti kita melafalkan alfabet Q dalam bahasa inggris yaitu “kyu”.

Wi-Fi (Wireless Fidelity)

Kepanjangannya wireless fidelity, pasti sudah familiar di telinga kita karena berkaitan erat dengan penggunaan internet. Pelafalan Wi-Fi seringkali salah terutama oleh sebagian besar orang Indonesia yang mengucapkannya “way-fi” atau “wii-fii”. Pengejaan yang benar adalah way-fay.

Answer (Menjawab)

Kata ini adalah satu contoh dari banyak kata lain dalam bahasa Inggris dengan huruf mati (konsonan) yang tidak dibunyikan atau tidak diucapkan sama sekali. Dalam hal answer, huruf w diabaikan sehingga pengucapan yang tepat adalah an-ser.

Huruf w ini juga terdapat dalam kata sword (sord), wrinkel (rin-kel), dan write (rit).

Sebenarnya masih banyak kata dalam bahasa inggris yang sering keliru saat diucapkan, namun sebagian besar pola pelafalannya sama. Adakah kata-kata di atas yang pengucapannya baru kamu ketahui? Untuk melatih pelafalan hingga mahir bahasa inggris, yuk gabung bersama EF Bogor. Tempat kursus bahasa inggris terbaik dan terdepan di dunia. Daftar sekarang dan ikuti kelas gratis!

Close