Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Yuk, Cari Tau Perbedaan Homophones, Homonym dan Homographs Jangan Sampai Tertukar Ya

Yuk, Cari Tau Perbedaan  Homophones, Homonym dan Homographs  Jangan Sampai Tertukar Ya

Dalam berbahasa Inggris, ada tiga kelas kata yang cukup unik, ada homophone, homonym, dan homograph, yaitu kata yang mungkin memiliki bunyi, ejaan, hingga arti yang sama. Namun, apa sih sebenarnya ketiga masing – masing  kelas kata tersebut.

Homophones

Homophones adalah kata yang menghasilkan bunyi yang sama, namun memiliki ejaan dan arti yang berbeda, contoh homophone adalah “to”, “too”, dan “two”. Ketiga kata tersebut memang memiliki ejaan dan tentu arti yang berbeda. “To” adalah salah satu preposisi, “too” berarti “juga”, dan “two” artinya dua. Namun, ketiganya menghasilkan bunyi yang sama jika disebutkan. Maka ketiga kata ini termasuk ke dalam homophone.

Contoh lain dari homophone adalah “they’re”, “their”, “there”. Ketiganya memang dilafalkan secara berbeda, dan artinya pun berbeda. Namun, ketiganya menghasilkan bunyi yang persis sama. Maka tidak heran jika terkadang orang salah mengartikan ketiganya.

Homonym

Di dalam bahasa Inggris, terdapat dua kalimat yang memiliki bunyi yang sama, namun mempunyai arti dan ejaan yang berbeda. Kata itu termasuk dalam kelas kata homonym. Contoh homonym dalam bahasa Inggris adalah “ Read ” dan “Red”. Kedua kata tersebut menghasilkan bunyi yang sama, namun memiliki arti yang berbeda. “Read” artinya membaca, sedangkan “Red” artinya merah. Selain itu, keduanya juga memiliki ejaan yang berbeda, meski menghasilkan bunyi yang sama. Namun, tidak hanya itu, homonym juga dapat berupa dua kata dengan ejaan yang sama namun memiliki arti yang berbeda. Misalnya, “lie” dan “lie”. Keduanya memiliki arti yang berbeda, namun menghasilkan bunyi dan ejaan yang sama.

Homograph

Homograph termasuk berbeda dengan homophone. Jika homophone adalah dua atau lebih kata yang memiliki arti dan ejaan yang berbeda, homograph justru memiliki ejaan dan bunyi yang persis sama. Perbedaan nya ada pada arti dari kata tersebut.

Contoh kalimat homograph dalam bahasa Inggris adalah, “Did you close the door before leaving the classroom?” dengan, “The bank is close to the post office in the main town.” Kedua kata tersebut memiliki ejaan dan bunyi yang sama. Namun, keduanya memiliki arti yang berbeda. Pada kalimat pertama, “close” berarti “menutup”. Sementara itu, pada kalimat kedua, “close” artinya “dekat”.Kata lain yang juga termasuk ke dalam homograph adalah “fair”. Kata tersebut memiliki dua arti yang berbeda. Misalnya, pada kata pertama, “fair” berarti “tidak bermasalah”. Maka, “fair skin” berarti “kulit yang tidak bermasalah”. Sedangkan, “fair” juga bisa berarti “adil”.

Itulah 3 kelas kata, jadi bisa disimpulkan bahwa homonym terdiri dari dua jenis kata, yaitu homophone dan homograph. Jangan sampai tertukar ya.

EF English First bisa menjadi andalanmu agar jago bahasa Inggris di sekolah. EF memiliki program premium online class untuk usia 3-18 tahun. Program ini dirancang khusus untuk meningkatkan aspek kemampuan bahasa Inggrismu. Dengan jumlah peserta yang terbatas dan dibimbing oleh seorang guru yang profesional, dijamin akan memberikan hasil yang optimal dan pengalaman belajar menyenangkan.

Tunggu apalagi? Segera klaim voucher-mu sekarang. Penawaran terbatas

Yuk Test kemampuan bahasa inggrismu sudah sampai mana: klik disini

 

Close