Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Tips & Trik Mudah Mengingat Kosakata Bahasa Inggris

Tips & Trik Mudah Mengingat Kosakata Bahasa Inggris

Saat memperlajari bahasa inggris, mendalami kosakata merupakan hal yang wajib dilakukan. Kosakata membantu kita lebih mengenal bahasa yang sedang dipelajari. Selain itu, wawasanmu mengenai bahasa inggris juga menjadi lebih luas.

Namun, mempelajari kosakata bukanlah hal yang mudah. Seperti halnya bahasa Indonesia, bahasa inggris juga terdiri dari banyak kata, sebagian diantaranya bahkan sedikit sulit diucapkan oleh ‘lidah indonesia’. Karena itulah, metode belajar yang diterapkan pun harus menyenangkan agar tidak membosankan.

Agar proses menghafal dan mengingat kosakata bahasa inggris menjadi lebih mudah, kamu bisa mengikuti beberapa tips & trik di bawah ini.

Tips & Trik Belajar Kosakata Bahasa Inggris

#1 Belajar Dari Sekitar

Belajar bahasa inggris tak harus selalu di dalam kelas. Kamu bisa terus meningkatkan wawasan bahasamu dari lingkungan sekitar. Buku, lagu, film atau pertunjukan TV dapat menjadi sumber untuk menemukan kosakata baru. Dari film atau buku yang dibaca, pasti ada beberapa kata yang tidak kamu mengerti. Catat semua kata tersebut, kemudian cari tau apa maksudnya.

#2 Gunakan Teknik Memori

Salah satu cara paling populer untuk cepat menghafal kosakata adalah menggunakan metode mnemonic, yaitu cara untuk mengingat kata-kata rumit dengan membuat akronim. Dalam bahasa Indonesia, contoh yang bisa diambil adalah SIM yang merupakan akronim dari Surat Izin Mengemudi. Selanjutnya, kamu hanya perlu membuat akronim yang terdiri dari bahasa inggris. Berikut beberapa contohnya:

PAGE = Paper, Art, Glass, Egg

LINE = Look, Interest, Narrow, Estimate

PULL = Pick, Umbrella, Land, Lamp

Dan seterusnya…

#3 Menemukan Sarana yang Tepat

Metode belajar yang dibutuhkan setiap orang bisa berbeda-beda. Untuk menemukan yang terbaik, kamu bisa mencoba berbagai macam cara terlebih dahulu. Nah, salah satu cara asyik yang bisa kamu coba adalah menggunakan kertas post-it, belajar lewat aplikasi atau mungkin lewat permainan di ponsel.

Jika kamu sudah menemukan cara belajar yang sesuai dengan karaktermu, yakinlah bahwa dalam waktu dekat kamu sudah bisa menguasai banyak kosakata.

#4 Fokus Pada Kata-Kata yang Dibutuhkan

Mulailah menghafal atau mengingat kosakata dari yang paling familiar ke yang paling kompleks. Kamu bisa memulainya dengan mempelajari kata-kata yang populer dan sering diucapkan orang, serta kata yang sekiranya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dilakukan agar kamu bisa belajar dengan lebih mudah.

#5 Interaktif

Selain mencatat dan menghafal kata demi kata, kamu juga harus membuat belajarmu lebih interaktif. Tonton dan pelajari tutorial pengucapan kata bahasa inggris yang benar. Kamu pun bisa membuat semua indramu menjadi bagian dari proses belajar. Misalnya, saat sedang makan, ungkapkanlah rasa makanan tersebut dalam bahasa inggris.

#6 Ulangi

Me-review atau mengulang pelajaran sangat penting untuk dilakukan agar kamu tidak melupakan kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya. Lakukanlah hal ini sesering mungkin. Sering-seringlah mengaplikasikan kata yang sudah dipelajari pada kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dalam mempelajari kata baru.

Itulah beberapa tips & trik mudah mengingat kosakata bahasa inggris. Jika semuanya dilakukan dengan niat yang besar, kamu pasti tak akan merasa kesusahan dalam mempelajari bahasa inggris. So, happy trying!

Close