Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Tips Menangani Bosan Pada Anak

Tips Menangani Bosan Pada Anak

Bagaimana orang tua menangani anak ketika mereka menunjukkan rasa bosan dan ketika sudah mengatakan bosan ? Karena orang tua perlu segera memecahkan “masalah” seperti ini. Simak 5 poin penting bagaimana cara yang tepat untuk menangani rasa bosan pada anak

  1. MENGELOLA WAKTU DENGAN BAIK
    Salah satu tantangan terbesar bagi seseorang adalah belajar mengelola waktu dengan baik. Waktu yang tidak terstruktur juga menantang anak untuk mengeksplorasi hidup mereka. Sebagian besar anak-anak perlu diberi waktu tidak terstruktur untuk menemukan sesuatu yang menarik untuk dilakukannya.

     

  2. MENGAPA “ANAK BOSAN” ?
    Beberapa alasan mengapa anak tidak dapat menemukan sesuatu untuk dilakukan yaitu,
    • Belum menemukan hal-hal yang mereka sukai sendiri.
    • Mereka membutuhkan koneksi orang tua.
    • Waktu mereka selalu terstruktur sehingga tidak terbiasa menemukan hal-hal menyenangkan berkaitan dengan “waktu luangnya”.
    • Anak perlu aktif secara fisik.

     

  3. SAAT ANAK BILANG “MEREKA BOSAN”, BAGAIMANA TANGGAPAN ANDA ?
    Pertama, hentikan apa yang sedang Anda lakukan dan benar-benar fokus pada anak Anda selama 5 menit. Tawarkan untuk melibatkan anak dalam pekerjaan Anda atau beristirahat dari pekerjaan dan lakukan sesuatu bersama-sama.

     

  4. BILA ANAK BENAR-BENAR MEMBUTUHKAN BANTUAN UNTUK MELAKUKAN AKTIVITAS ?
    Anda perlu membantu anak mengemukakan gagasan untuk “apa yang harus dilakukan,” dengan cara seperti menulis beberapa gagasan pada sebuah kertas untuk kapan pun seorang anak mengatakan bahwa dia bosan, mereka dapat mengambil 3 lembar kertas dari stoples dan memilih salah satu aktivitas tersebut untuk dilakukkan.

     

  5. APAKAH MENGGUNAKAN ELEKTRONIK DAN TV MERUPAKAN SOLUSI YANG DAPAT DITERIMA?
    Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin menggunakan elektronik lebih cenderung merasa bosan bila tidak melakukannya daripada anak-anak lain. Bahkan setelah menghilangkan kebiasaan tersebut, diperlukan waktu berbulan-bulan bagi mereka untuk menemukan aktivitas lain yang menjadi minat mereka. Lebih baik mengajari mereka dengan membaca atau jika anak belum bisa membaca bantu mereka untuk melakukan sesuatu aktivitas dari list yang mereka pilih bersama Anda.

Close