Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Tips Memilih Jurusan Universitas dengan Tepat

Tips Memilih Jurusan Universitas dengan Tepat

Kalian yang saat ini sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) pasti sedang dipusingkan untuk memilih jurusan kuliah serta universitas yang ingin dituju, benar ‘kan? Apalagi jika kamu sedang berada di kelas XII (kelas 3 SMA), orang tuamu pasti juga sudah menanyakan jurusan universitas yang akan kamu tuju nantinya.

Memilih jurusan kuliah yang tepat memang tidak mudah ya, EFriends. Kamu harus menyesuaikan passion dan juga kemampuan yang dimiliki saat mempertimbangkan jurusan yang diincar. Selain itu, keputusan orang tua pastinya juga menjadi salah satu faktor yang harus kamu pertimbangkan juga.

Lalu, bagaimana sih agar kamu tidak salah pilih jurusan universitas? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

#1 Selaraskan Jurusan dengan Cita-Cita

Kejarlah cita-citamu setinggi langit.

Pernah dengan kalimat di atas? Ya, jika kamu serius ingin menggapai cita-cita yang sudah diimpikan sejak lama, maka kamu harus benar-benar menekuni dunia tersebut. Misalnya, cita-citamu adalah untuk menjadi seorang pembaca berita (news anchor). Maka, pilihlah jurusan jurnalistik. Berlatihlah untuk menjadi seorang news anchor yang andal.

#2 Pilih Jurusan Sesuai Hobi

Jika kamu masih ragu dengan cita-citamu, tak ada salahnya lho untuk memilih jurusan berdasarkan hobi. Misalnya, kamu hobi bermain musik. Maka pilihlah jurusan musik. Atau kamu hobi olahraga, maka pilihlah jurusan yang berkaitan dengan olahraga. Siapa tau dengan memasuki jurusan sesuai dengan hal yang kamu sukai, kamu bisa merintis karir di bidang tersebut, ya ‘kan?

Tahukah kamu bahwa beberapa universitas di Amerika Serikat (AS) memberi kesempatan kepada para mahasiswanya untuk mencoba berbagai jenis subjek berbeda pada tahun pertama guna mencari minat dan bakat dari masing-masing mahasiswa. Barulah pada tahun kedua mereka bisa memilih jurusan sesuai dengan subjek yang disukai.

Sebagian besar universitas juga memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengubah karir lho. Misalnya, saat kamu sedang menempuh studi suatu jurusan, di tengah jalan kamu merasa enggan untuk melanjutkan dan ingin pindah ke jurusan lain, maka kamu bisa mendaftar untuk mengganti jurusan. Namun, hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing universitas ya.

#3 Tren & Orientasi Masa Depan

Selain memilih jurusan berdasarkan passion dan hobi, kamu juga harus melihat tren serta peluang di masa depan. Biasanya, orang tua akan lebih mengarahkan anaknya untuk mengambil jurusan yang banyak dicari di masa depan.

Menurut tren beberapa tahun terakhir, jurusan seperti IT, desain dan teknik menjadi jurusan dengan prospek yang bagus karena semakin banyak dicari. Selain itu, jurusan ekonomi, keuangan, fashion dan arsitektur juga dianggap menarik karena disebut sebagai profesi dengan upah tinggi.

Itulah beberapa tips dalam memilih jurusan universitas. Intinya, pilihlah jurusan yang membuatmu senang dan tidak merasa terbebani, serta dapat memberikan motivasi lebih dalam hidupmu. Semakin kamu menjalaninya dengan perasaan bahagia, maka akan semakin mudah kamu mempelajari setiap materi yang diberikan.

So, berhati-hatilah dalam memilih jurusan dan teruslah semangat dalam menjalani kuliah ya. Good luck, EFriends!

Close