Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Tips Dampingi Anak Belajar Online Di Rumah

Tips Dampingi Anak Belajar Online Di Rumah

Di kondisi pandemic ini mengharuskan siswa untuk melakukan pembelajaran secara online. Pembelajaran dilaksanakan di rumah dan tidak bisa bertatap muka langsung dengan guru, maka orangtua di rumah akan menjadi pembimbing anak untuk dapat memahami materi dengan baik.

Memang akan terasa berbeda bagi anak belajar secara tatap muka dengan belajar secara online. Sehingga ini menjadi tugas bagi orangtua untuk memastikan ilmu dapat diserap oleh anak, anak tetap fokus pada saat pembelajaran online berlangsung. 
Jangan sampai karena pandemic, anak tidak bisa mendapatkan hak mereka dikarenakan kendala-kendala yang ditemui. Entah kendala secara teknis ataupun kendala karena anak tidak dapat mengeksplor seperti sebelumnya.

Berikut tips dan trik yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu dan mendukung anak belajar online, dilansir dari Kompas yang mengutip dari akun Instagram resmi Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

1. Orangtua memastikan Anak Belajar online dengan Aman dan Nyaman
Parents perlu menyediakan berupa fasilitas belajar yang nyaman, secara teknis berupa kelancaran internet, ukuran layar yang memadai sehingga anak dapat melihat dengan nyaman, suara yang dihasilkan jelas.

2. Ciptakan Suasana yang Nyaman dan Produktif
Anda dapat memberikan semangat kepada anak dengan menyediakan suasana belajar yang membuat anak nyaman, dengan cara tata ruangan agar anak tetap dapat nyaman belajar bergerak dan mengeksplor apa yang mereka pelajari. Pada saat anak sedang sesi online, ciptakan suasana yang kondusif bagai anak sedang berada di sekolah, agar anak tetap bisa tertib dan fokus pada materi pembelajaran. Ciptakan suasana yang tenang, jangan menyalakan televise ataupun suara-suara yang akan membuat anak menjadi tidak fokus.

3. Memahami Gaya Belajar Anak
Parents perlu mengenali dan memahami gaya belajar anak ketika mendampingi mereka belajar online. Sebab, biasanya setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Ada yang harus tenang tanpa gangguan, ada pula yang mereka akan mudah terpecah konsentrasi. Disinilah peran orangtua untuk dapat selalu menjaga lingkungan anak belajar selalu kondusif dengan memahami sifat setiap anak.

4. Persiapkan Jadwal 
Anak-anak tetap harus menaati jadwal yang sudah ada di rumah sebelumnya, seperti jadwal bangun tidur, mandi, dan sarapan. Menurut Agstried Elisabeth Piether, psikolog pendidikan untuk tetap mengusahakan perubahan yang dilakukan oleh anak seminim mungkin. Jadi, jadwal ketika anak-anak sekolah normal bisa dijadikan sebagai jadwal belajarnya. Keteraturan adalah kunci agar anak tetap tertib.
Walaupun sudah membuat jadwal, orang tua juga perlu punya fleksibilitas. “Lihat situasi. Kalau memang anaknya sedang butuh bergerak, maka jangan metode paper and pencil yang dipakai,” ujar Agstried

5. Pilih Cara yang Menyenangkan
Orang tua bisa mencari cara kreatif untuk menggunakan benda-benda atau mainan favorit anak sebagai alat belajar. Anda bisa memilih kegiatan di luar sekolah Online sebagai tambahan agar anak Anda dapat mengeksplore kegiatan lain. Seperti di EF menyediakan kegiatan EF Life Club, dimana anak Anda dapat berkreasi sembari belajar Bahasa Inggris bersama guru dan teman-teman 
Dapatkan Gratis kegiatan Life Club & Free Online Class bersama EF untuk anak Anda booking melalui whatsapp 0811 1170 048 dengan kode booking EF-Web


Selamat Belajar di rumah !

Close