Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Sudah tau belum cara menggunakan Titik Koma (Semicolon)

Sudah tau belum cara menggunakan Titik Koma (Semicolon)

Dalam tata bahasa salah satu yang penting adalah penggunaan tanda baca. Tanda baca berfungsi sebagai panduan agar kita tahu bagaimana intonasi atau jeda saat membacakan kalimat itu sendiri. Kesalahan dalam penggunaan tanda baca dapat menjadikan sebuah kalimat berarti lain pula.

Kali ini, kita akan membahas salah satu jenis tanda baca semicolon atau titik koma (;). Apa kegunaan dari tanda baca semicolon? Dan kapan waktu yang tepat dalam menggunakan tanda baca ini?

Pengertian Semicolon (;)

Sebelum mengetahui apa kegunaan dari tanda baca semicolon, mari kita kenalan terlebih dahulu apa pengertian dari tanda baca ini.

Dilansir dari Grammarly, semicolon (;) adalah salah satu punctuation yang digunakan untuk menghubungkan dua independent clause yang sangat berhubungan menjadi satu kalimat.

Selain itu kegunaan dari semicolon atau titik koma yang lainnya adalah juga digunakan setelah adverbial conjunction atau connecting adverb dan pada kondisi-kondisi tertentu juga digunakan setelah tanda koma atau comma.  

Namun, ada yang perlu diperhatikan dalam penggunaan tanda baca titik koma. Jika di dalam kalimat sudah ada kata sambung and, but, or, nor, for, so dan yet di antara dua independent clause, tanda titik koma tidak boleh digunakan.

 

Kegunaan dan cara pakai semicolon

Alasan lain dalam menggunakan tanda baca ini ialah untuk menunjukkan adanya keterkaitan terhadap dua klausa yang ditulis; lebih menekankan kalimat.

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan contoh berikut:

  • I have a final examination tomorrow; I can’t go out with you tonight(Aku besok ada ujian akhir; aku tidak bisa jalan-jalan denganmu malam ini).

  • I think I want another cup of coffee; I have to study all night(Sepertinya aku mau segelas kopi lagi; aku harus belajar semalaman)

 

Kalimat ini sebenernya bisa dipisahkan oleh tanda titik, namun penggunaan semicolon dalam kalimat ini bertujuan untuk menekankan alasan di antara dua klausa.

Dalam kalimat ini, titik koma berperan untuk memberitahukan alasan ketidakbisaan subjek kalimat untuk keluar malam.

Itu dia beberapa penggunaan tanda semicolon dalam kalimat Bahasa Inggris. Tanda baca yang sering dianggap remeh ternyata sangat penting diperhatikan.

Selain untuk estetika penulisan, banyak juga manfaat lainnya dalam kalimat bahasa Inggris. Apalagi yang ingin kamu ketahui mengenai hal-hal kecil dari bahasa Inggris? Tuliskan list pertanyaan kamu ke salah satu instagram kami ya 

Jakarta : @ef_pluitVillage @ef_tebet @ef_cengkareng @ef_tanjungDuren @ef_puriIndah

Tangerang : @ef_bsdcity @ef_tangerangCity @ef_gadingSerpong

Bogor : @ef_pajajaranBogor @ef_tamanYasmin

Dan kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu, isi data kamu untuk pendapatkan Free Diagnostic bersama EF disini atau banner di bawah ini 

 

Close