Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Selain Akademis Anak, Apa Yang Membuat Mereka Siap Untuk Masa Depan ?

Selain Akademis Anak, Apa Yang Membuat Mereka Siap Untuk Masa Depan ?

Stimulasi untuk Anak agar Siap Menghadapi Masa Depan Tak hanya kemampuan akademik saja yang perlu diasah.

Setiap orangtua pasti menginginkan segala hal terbaik agar proses tumbuh kembang anak berlangsung maksimal sehingga berhasil di masa depan. Beragam usaha pun akan orangtua tempuh agar masa depan si Kecil sesuai harapan.
Selama ini parents mungkin berpikir bahwa anak yang dapat menghadapi masa depan dengan baik adalah harus pintar secara akademik. Namun, hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar, lho.

Ada hal penting lain, yaitu life skill. Kombinasi kemampuan akademik dan life skill dapat memungkinkan anak untuk beradaptasi dalam situasi di masa depan.
Mengingat masa depan masih penuh ketidakpastian, orangtua perlu menyiapkan bekal untuk anak sebaik mungkin. Salah satunya dengan memberikan stimulasi yang tepat. Dikutip dari pernyataan Neha Vaswani dan dr. Reza Fahlevi, Sp. A dalam acara seminar POPAC

1. Tak hanya kemampuan akademik, life skill juga penting
Sebagai usaha dalam mempersiapkan masa depan anak yang baik, Parents perlu tahu bahwa kemampuan akademik bukan satu-satunya penentu. Ada hal penting lain yang perlu diperhatikan, seperti life skill.
Jadi kemampuan akademik bukanlah suatu keharusan, tetapi life skill juga penting, seperti kreativitas, kemampuan berpikir kritis, kemampuan adaptasi dan kasih sayang.

2. Bermain sebagai salah satu stimulasi tumbuh kembang
Terkadang, orangtua terlalu memaksakan anak agar terus belajar. Bahkan melupakan hak si Kecil untuk bermain. Anak sudah dipenuhi oleh jadwal sekolah dan belajar lainnya yang cukup padat.
Padahal, bermain tidak selalu buruk bagi anak-anak karena dengan bermain buah hati Parents dapat belajar banyak hal. Bermain bisa menjadi salah satu stimulasi dalam tumbuh kembang anak untuk menghadapi masa depannya.

Bermain ini dapat menjadi stimulasi selama tumbuh kembang anak. Biarkanlah anak bermain bebas sehingga bisa bereksplorasi, waktu bermain anak juga merupakan waktu belajar. Salah satu cara memanfaatkan waktu bermain untuk belajar, yaitu dengan memberikan contoh yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata.
Misalnya, saat bermain masak-masakan dan Mama membacakan resep makanan bersama anak, di mana 1 buah kue memerlukan 3 butir telur.
Lalu, Mama mengajukan pertanyaan tentang perkalian dengan cara "Berapa butir telur yang dibutuhkan untuk membuat 2 buah kue?."
Mama bisa langsung menghitungnya bersama buah hati. Selain menyenangkan, waktu bermain ini pun dapat menjadi sarana belajar perkalian.

Seperti di EF Life Club, mengajak agar anak bisa mengeksplorasi dan berkreasi, seperti membuat Homemade Soap, Cooking, Afternoon Tea, Making Paper Craft tidak hanya membuat murid berlatih menggunakan kemampuan berbahasa Inggris di dalam kehidupan sehari hari mereka, tapi juga mengajak anak agar dapat berkreasi dan melatih motorik mereka.

3. Pentingnya tumbuh kembang optimal untuk masa depan

Tumbuh kembang anak menjadi hal utama dan paling penting untuk memastikan masa depannya dengan baik. Secara garis besar, tumbuh kembang anak terbagi dalam 4 aspek, yaitu motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan psikososial.
Dengan terpenuhinya keempat aspek tumbuh kembang tersebut, maka anak dapat menjadi manusia berkualitas yang siap menghadapi masa depan. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki kemampuan dan potensi.
Jadi, orangtua sebaiknya dapat mencari potensi mana yang bisa dikembangkan agar berkualitas. Hindari untuk memaksakan sesuatu di luar kemampuan anak.
"Tumbuh kembang dapat menjadi jalan anak menuju manusia yang berkualitas di masa depan. Manusia berkualitas dapat ditandai dengan kemampuan anak dalam berinteraksi di lingkungan sekitar dan kemampuan dasar baik," jelas dr. Reza Fahlevi, Sp.A, Dokter Spesialis Anak.

Di kelas Online English First menghadirkan kegiatan belajar yang menyenangkan, didukung dengan kegiatan rutin seperti EF Life club dengan membuat anak agar bisa aktif berinteraksi sekaligus belajar Bahasa Inggris. Kegiatan kelas Bahasa Inggris EF menekankan pembentukan karakter anak di bidang Social skills mereka. EF Life Club membantu anak mengeksplor kreatifitas mereka, melatih motorik sambil berdiskusi dan menggunakan secara langsung Bahasa Inggris di kegiatan mereka. Dukung anak Anda untuk menghadapi masa depan yuk.
Dapatkan Gratis kegiatan Life Club & Free Online Class bersama EF untuk anak Anda booking melalui whatsapp 0811 1170 048 dengan kode booking EF-Web

Close