Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Run-On Sentence dalam Bahasa Inggris?

Run-On Sentence dalam Bahasa Inggris?

She loves to read she can finish a book in one day." Setelah membaca kalimat tersebut, apakah EFriends menemukan ada yang kurang tepat dari penulisannya? Kalimat yang terlalu panjang tanpa disertai dengan imbuhan atau tanda baca akan membuatmu bingung saat membaca. Nah, kalimat yang panjang itulah disebut dengan Run-On Sentence. Yuk simak penjelasan dari Tom ya! 

Pengertian Run-On Sentence

Run-On Sentence atau kalimat yang terus-menerus, adalah saat dua kalimat lengkap (independent clauses) atau lebih bergabung menjadi satu kesatuan kalimat namun penggabungannya tidak tepat.

Run-On Sentence merupakan kesalahan penulisan bahasa Inggris yang umum terjadi ketika sebuah kalimat salah menghubungkan klausa.

Kalimat yang disajikan juga terlalu panjang dan mengandung beberapa pikiran atau ide tanpa pemisah seperti konjungsi atau tanda baca.

Jenis Run-On Sentence 

Fused sentence

Fused sentences terjadi saat beberapa independent clauses bersatu tanpa dipisahkan dengan tanda baca atau kata penghubung apapun itu. Misalnya:

"I woke up late this morning I didn't hear the alarm so I rushed to get dressed I missed the bus to work."

Comma splice

Comma splice terjadi saat dua independent clauses atau lebih bergabung dan hanya dipisahkan dengan tanda baca koma. Contohnya:

"I woke up late this morning, I didn't hear the alarm, so I rushed to get dressed, I missed the bus to work."

Polysyndeton

 Polysyndenton sentences merupakan jenis run-on sentences dimana terdapat penggunaan konjungsi (kata penghubung) yang berlebihan. Berikut contohnya:

"I woke up late this morning and I didn't hear the alarm, so I rushed to get dressed and I missed the bus to work."

Supaya kamu lebih paham lagi, coba perhatikan kalimat berikut:

"I went to the store I bought some groceries then I went to the gym I did a workout for an hour afterwards I met my friend for coffee."

Nah, kalimat di atas terlalu panjang, bukan? Kita bisa memecahnya menjadi beberapa kalimat yang lebih terstruktur. Misalnya:

"I went to the store and bought some groceries. After that, I went to the gym and did a workout for an hour. Later, I met my friend for coffee."

Lebih enak dibaca, kan?

Cara Menghindari Run-On Sentence

Run-On Sentences ini sering kali membuat pembaca bingung karena terlalu banyak informasi digabungkan tanpa jeda yang sesuai. Jadi, penting banget supaya kamu bisa menghindari Run-On Sentences.

Oke, sekarang bagaimana caranya menghindari Run-On Sentences? Berikut beberapa tipsnya!

Gunakan Tanda Baca

Gunakan tanda baca seperti titik, koma, titik dua, dan titik koma untuk memberikan jeda antara pikiran yang satu dengan yang lainnya. Contohnya:

"She is studying for her exams; however, she still finds time to relax."

"Dia sedang belajar untuk ujiannya; namun, dia masih menemukan waktu untuk bersantai."

Gunakan Konjungsi

Tambahkan kata penghubung (conjunction) seperti "and", "but", "or", atau "so" untuk memisahkan ide atau pikiran yang berbeda dan membuat kalimatmu lebih terstruktur. Misalnya:

"I love to read, and my favorite genre is fantasy."

"Aku suka membaca, dan genre favoritku adalah fantasi."

Buat Kalimat Terpisah

Kalau sudah merasa kalimatnya terlalu panjang, pecah aja jadi beberapa kalimat terpisah. Jangan ragu untuk membagi kalimat agar lebih mudah dimengerti.

Setelah mengetahui tips agar terhindar dari Run-on Sentence, kamu harus mulai untuk pakai tanda baca hingga konjungsi dengan benar. Ini dilakukan supaya pembaca tidak bingung dan kehilangan arah saat membaca bacaan.

Jadi, gimana EFriends? Seru kan belajar tentang run-on sentence? Semoga tips ini bisa membantu kamu menulis dengan lebih rapi dan nyaman dibaca.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang pelajaran bahasa Inggris?, Mari bergabung di EF dan kamu bisa belajar bahasa Inggris bersama guru yang professional, tersedia kelas offline / tatap muka. Yuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu bersama EF!. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa klik banner dibawah ini!

 

Close