Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Perbedaan Hear dan Listen?

Perbedaan Hear dan Listen?

Hear dan listen, keduanya sama-sama punya arti “mendengar”, tapi penggunaannya ternyata beda. Awas, jangan sampai tertukar. Mau tahu perbedaan hear dan listen?

EFriends, pernahkah kamu mengobrol dengan seseorang yang terlihat tidak mendengarkanmu? Atau pernahkah kamu dikira tidak mendengarkan, padahal sebenarnya kamu sedang mendengar. Ini adalah situasi nyata yang cukup menjelaskan tentang hear dan listen. Kedua kata ini punya kaitan dengan suara dan telinga kita, tapi jika diartikan, keduanya berbeda

Arti Hear

Hear artinya mendengar. Saat kita mendengar sesuatu, itu berarti kita merasakan suara melalui telinga kita. Mendengar adalah proses pasif, artinya terjadi secara alami tanpa adanya upaya sadar dari kita. Misalnya kita mendengar suara hujan di luar jendela atau suara kucing bertengkar di jalan.

Contoh kalimat hear:

  • I hear Fleet walking down the stairs.(Aku mendengar Fleet turun dari tangga.)

  • The sound of the bell can be heard every 6 p.m.(Suara bell bisa didengar setiap jam 6 sore.)

  • Ben has not heard from Elise since last week.(Ben belum mendengar kabar dari Elise sejak minggu lalu.)

  • Am I hearing things?(Apakah aku mendengar sesuatu?)

  • Arti Listen

Berbeda dengan hear, padanan kata listen dalam bahasa Indonesia adalah “menyimak” atau “memperhatikan”. Ini adalah proses aktif yang memerlukan usaha dan perhatian. Saat kita mendengarkan, kita tidak hanya mendengar suara di sekitar kita, tapi kita juga memperhatikannya dan mencoba memahaminya. Misalnya saat kita menyimak penjelasan guru di kelas.

Contoh kalimat listen:

  • Kev had a hard time listening to the lecture.(Kev kesulitan mendengarkan penjelasan.)

  • I listen to different music genre.(Aku mendengarkan genre musik yang berbeda.)

  • You must listen to your parents.(Kamu harus mendengarkan orangtuamu.)

  • Roddy listened to the song.(Roddy mendengarkan lagu.)

Perbedaan Hear dan Listen

Kamu bisa menggunakan hear saat kamu mendengar suara baik suara yang kamu inginkan atau tidak. Sementara listen bisa kamu gunakan saat kamu secara sadar memperhatikan apa yang ingin kamu dengar. Dari penjelasan di atas, inti dari perbedaan hear dan listen adalah:

  1. Hear adalah sebuah kejadian. Listen adalah tindakan

  2. Hear tidak memerlukan usaha karena merupakan proses pasif. Listen memerlukan usaha karena merupakan proses aktif.

  3. Hear tidak memerlukan fokus karena kita bisa mendengar sambil melakukan hal lain. Listen memerlukan fokus karena kita harus memahami dan memaknai pesan yang disampaikan.

EFriends, sudah paham kan perbedaan antara hear dan listen? Yang perlu kamu catat adalah bahwa kita bisa mendengar tanpa menyimak. Tapi kita tidak bisa menyimak tanpa mendengar karena untuk menyimak, kita harus terlibat secara aktif dengan suara-suara di sekitar kita. 

Nah, apakah kamu masih punya daftar kata-kata yang membingungkan?

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang pelajaran bahasa Inggris?, Mari bergabung di EF dan kamu bisa belajar bahasa Inggris bersama guru yang professional, tersedia kelas offline / tatap muka. Yuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu bersama EF!. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa klik banner dibawah ini!

Close