Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Pengangguran meningkat, Ini yang perlu dipersiapkan untuk cepat dapat berkarir lagi.

Pengangguran meningkat, Ini yang perlu dipersiapkan untuk cepat dapat berkarir lagi.

Di masa sekarang ini, masa Pandemi Covid 19 semua bidang mengalami perubahan yang sangat drastis. Perubahan dan perkembangan dunia karir, pekerjaan sangatlah berubah. Hal ini bisa dilihat dari jenis pekerjaan serta cara melamar pekerjaan. Globalisasi dan era digital ditambah dengan adanya pandemi yang berkepanjangan sangat berpengaruh juga dengan perkembangan dunia kerja khususnya tahun-tahun ini dan tahun yang akan datang. Transisi dunia kerja yang tradisional berubah menjadi serba instan yang didukung teknologi.

Hal ini tentunya membutuhkan banyak kemampuan khususnya kemampuan beradaptasi. Belum lagi dengan banyaknya saingan dengan skill yang kompetitif membuat mereka tak jarang kalah saing. Lalu, bagaimana cara sukses dalam menghadapi dunia kerja dan persaingannya?

Tips Sukses Mencari Kerja

Fasilitas-fasilitas yang ada sekarang ini harus digunakan secara kreatif untuk memikat para perusahaan. Ada beberapa cara yang harus dilakukan para pencari kerja. Di antaranya adalah, mengidentifikasi tujuanmu, memperdalam hard skill dan soft skill. Yuk kita bahas lebih dalam.

Mengidentifikasi tujuan sebelum mencari pekerjaan

Langkah pertama dalam mencari pekerjaan adalah menentukan tujuan dari pekerjaan itu sendiri. Kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti di bawah ini:

  • Pekerjaan apa yang kamu inginkan?

  • Posisi apa yang kamu inginkan?

  • Budaya pekerjaan apa yang kamu harapkan dalam sebuah perusahaan?

  • Kira-kira berapa gaji yang kamu inginkan?

  • Skill apa yang ingin kamu perdalam dalam sebuah pekerjaan?

  • Kemampuan apa yang sudah kamu miliki sebelum melamar pekerjaan?

Jika kamu sudah bisa menjawab semua pertanyaan ini, kamu dengan mudah juga untuk mencari pekerjaan yang sekiranya ideal dengan keinginan kamu. Hal ini juga berlaku untuk para fresh graduate yang baru pertama kali ingin mencari kerja.

Memanfaatkan kelebihan media sosial

 

Di masa saat ini media sosial merupakan salah satu ‘senjata’ yang bisa digunakan dalam hal apapun terutama dalam mencari pekerjaan. Tak hanya itu, media sosial juga bisa bermanfaat untuk membangun relasi atau link untuk mempermudah kamu mencari pekerjaan. Dari segi media sosial, apa saja yang bisa kamu lakukan agar sukses mencari pekerjaan?

LinkedIn

Sudah saatnya kamu membuat profil LinkedIn. Kamu memasukkan CV dan segala pengalaman yang kamu miliki dalam profil. Tak hanya itu, banyak sekali lowongan pekerjaan yang di post dalam halaman LinkedIn, sehingga kamu bisa mencari sesuai dengan preferensi. Banyak juga para recruiter yang aktif mencari kandidat di LinkedIn, lho! Kesempatan untuk ditawarkan pekerjaan juga semakin besar.

Bersih-bersih media media sosial

Tahukah kamu bahwa media sosial sangat berpengaruh pada proses pencarian kerja? Jejak digital seseorang sangat diperhatikan saat ini, sehingga kamu harus menjaga lisan saat menggunakan media sosial. Tidak sedikit perusahaan akan melakukan pengecekan terhadap akun media sosial kandidat. Mereka akan melihat karakteristik seseorang dari cara mereka posting di media sosial. Yuk bijak dalam menggunakan media sosial!

Memperdalam soft skill

Tak hanya hard skill, soft skill juga sangat penting dalam mendapatkan pekerjaan. Sekarang ini, banyak perusahaan yang mengutamakan attitude dibanding hard skill serta pencapaian yang sudah diraih. Maka dari itu, sebaiknya kita selalu bersikap humble dan selalu ingin belajar. Belajar menghadapi kritikan juga sangat diperlukan serta kemauan untuk belajar merupakan kata kunci paling penting dalam dunia kerja dan perkembangan karier.

Perdalam skill bahasa Inggris

Tahukah kamu bahwa skill bahasa Inggris sangat diperlukan dalam pencarian kerja? Banyak sekali perusahaan yang memberikan syarat agar kandidat setidaknya mengerti basic english. Bahkan beberapa perusahaan juga membutuhkan nilai TOEFL para kandidat dengan standar yang sudah ditentukan. Bagaimana cara mudah meningkatkan skill bahasa Inggris? Gampang!

Tinggal ikut kursus di EF dengan berbagai pilihan program dan jadwal yang fleksibel, juga pengajaran yang efektif. Terdapat program General English, Business English, dan International Exam Preparation yang cocok sekali untuk kamu pelajari dalam proses pencarian kerja atau peningkatan skill demi kenaikan level di pekerjaan. Mau tahu info selanjutnya? Yuk klik disini 

 

Close