Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Menghindari Repetition dalam Membuat Teks

Menghindari Repetition dalam Membuat Teks

Repetition adalah pengulangan kata yang memiliki fungsi memberikan kesan berbeda pada kalimat setelahnya. Menulis menggunakan repetition memang mudah karena tidak membutuhkan kosakata yang banyak. Sayangnya jika dilakukan secara berlebih, akan membuat tulisan menjadi tidak menarik dan terasa bosan saat membacanya. Berikut ini adalah cara yang dapat EFriends lakukan agar terhindar dari repetition dalam membuat teks.

Gunakan Synonyms

Sudah tahu apa itu synonyms? Yaitu merubah kata dengan kata lain yang memiliki makna atau arti yang sama. Gunakanlah thesaurus yaitu kamus lengkap Bahasa Inggris untuk mendapatkan banyak padanan kata.

Thesaurus ini sangatlah bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris apalagi menulis. Ingat, tidak perlu berlebihan dalam menggunakan synonym. Menggunakan kata yang rumit justru akan menyulitkan kamu dan pembacamu.

Pakailah Pronouns

Kamu bisa menggunakan pronouns atau kata ganti dalam menulis teks. Misalnya terdapat kata friends, kamu bisa menggantinya dengan panggilan lain seperti they/them/their. Tidak terbatas pada orang, menyebut kata ganti juga bisa digunakan pada benda tertentu agar tidak melakukan pengulangan.

Pastikan juga bahwa pembaca paham dengan kata ganti yang digunakan mengarah kepada apa dan siapa.

Omission

Omission ini memiliki arti menghilangkan. Kamu bisa menghilangkan phrase atau kata yang menurutmu kurang penting atau kata yang terulang dalam teks yang dibuat. Kamu dapat mempersingkat dan memperjelas kalimat yang digunakan dalam menulis teks.

Hindarilah membuat kalimat yang menggunakan kata panjang yang kompleks. Gunakanlah kata-kata sederhana dan umum yang akan lebih mudah dimengerti pembaca.

Pecah Kalimat dan Buat Kalimat Bervariasi

Jika membuat kalimat yang terlalu panjang, kamu mungkin akan melakukan pengulangan. Cara yang dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan memecah kalimat panjang yang memiliki dua ide pokok berbeda. Menggunakan kalimat pendek akan lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Selain pengulangan kata, ada juga pengulangan kalimat. Jangan menggunakan struktur yang sama dalam menyusun sebuah kalimat supaya tidak timbul pengulangan. Gunakanlah variasi agar menarik minat dari pembaca tersebut.

Membaca ulang tulisan

Jika kamu sudah selesai menulis, bacalah kembali tulisan teks yang sudah dibuat. Posisikan lah dirimu sebagai seorang pembaca, agar kamu mengerti POV mereka. Saat membaca ulang tulisan, mungkin kamu akan menemukan kosakata aneh, kata atau kalimat yang diulang dan kalimat yang kurang tepat atau efektif. Jika sudah tandailah bagian tersebut selanjutnya kamu bisa memperbaikinya.

Mudah bukan untuk menghindari repetition dalam menulis sebuah teks. Lakukan lah tips di atas supaya kamu menghasilkan tulisan yang cantik dan enak dibaca oleh pembaca. EFriends ingin tahu tips apa lagi nih?

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang pelajaran bahasa Inggris?, Mari bergabung di EF dan kamu bisa belajar bahasa Inggris bersama guru yang professional, tersedia kelas offline / tatap muka. Yuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu bersama EF!. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa klik banner dibawah ini!

Close