Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Mau Tinggal Permanen di Australia, Ternyata Membutuhkan Skor IELTS Loh !

Mau Tinggal Permanen di Australia, Ternyata Membutuhkan Skor IELTS Loh !

Dengan budaya yang dinamis, alam yang indah, dan ekonomi yang kuat, Australia adalah tujuan populer bagi mereka yang ingin bekerja dan kuliah di sana. Memperoleh izin tinggal permanen (permanent residency) atau dikenal dengan singkatan PR memungkinkan Anda untuk tinggal, bekerja, dan kuliah di Australia!

Karena Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi utama di Australia, Anda harus membuktikan bahwa Anda dapat memenuhi standar bahasa minimum untuk percakapan sehari-hari, baik itu untuk memesan secangkir kopi atau berbicara dengan kolega Anda.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi jika anda ingin mendapatkan 'Permanent Residency' (PR) lewat 'Skilled Independent Visa', selain harus setidaknya pernah studi di Australia selama dua tahun. 

Persyaratan usia yang harus dipenuhi adalah di antara 18 hingga 49 tahun, memiliki nilai IELTS minimum 6 atau setara, dan memastikan bidang keahlian anda masuk dalam daftar pekerjaan yang dibutuhkan di Australia, atau 'Skilled Occupation List'.

Jika anda ingin mengambil PR lewat sistem poin, maka usia 25-32 tahun akan mendapatkan 30 poin. Tapi jika anda berusia antara 45 hingga 49 tahun, tidak akan mendapatkan poin tambahan.

Setelah lulus biasanya anda akan mendapatkan visa jenis 'Temporary Graduate Visa' selama 18 bulan dan sebaiknya dimanfaatkan untuk bekerja sesuai bidang studi selama setahun dan memperbaiki Bahasa Inggris. Jika Anda memiliki nilai IELTS 7 atau 8 maka akan mendapat 10 hingga 20 poin tambahan.

Mulai November 2019 lalu, anda yang studi di luar Sydney, Melbourne, dan Brisbane akan mendapat tambahan lima poin, ini bisa jadi pertimbangan anda dalam memilih sekolah jika kemudian ingin mengajukan PR di Australia.

Mengambil tes IELTS adalah cara yang sangat baik untuk memenuhi persyaratan bahasa di Australia. IELTS adalah tes yang lebih diminati untuk proses imigrasi ke Australia dan diterima oleh hampir semua badan dan lembaga profesional, serta terintegrasi ke dalam sistem imigrasi berbasis poin.

Untuk mendapatkan visa untuk residen permanen Australia, Anda dapat mengikuti IELTS Academic atau IELTS General Training. Namun, Anda akan memerlukan IELTS Academic untuk melamar profesi tertentu dan bekerja di Australia.

Ada tiga jalur utama imigrasi berbasis pekerjaan ke Australia, yaitu Employer Sponsored Workers, General Skilled Migration, dan Skill Select.

Untuk menjadi Penduduk Permanen Australia di bawah General Skilled Migration Program, ada lima subclass visa, yang semuanya menggunakan sistem imigrasi berbasis poin.

Skilled Independent Visa (Subclass 189)

Skilled Nomination Visa (Subclass 190)

Graduate Temporary Visa (Subclass 485)

Skilled Nomination/Sponsored Provisional Visa (Subclass 489)

Skilled Regional Visa (Subclass 887)

 

Ada beberapa kriteria dalam sistem imigrasi berbasis poin:

Umur

Keterampilan Bahasa Inggris

Pengalaman Kerja (Di dalam dan di luar Australia)

Tingkat Pendidikan

Studi di Australia

Pendidikan Spesialis

Spouse Skill Points

Lainnya (Nominasi, akreditasi Bahasa Komunitas, dll.)

 

Agar berhasil mendapatkan visa melalui Program Skilled Migration, Anda memerlukan minimal 65 poin di Daftar Poin Penilaian (Point Assessment Grid).

IELTS adalah salah satu komponen penting dalam sistem ini. Di samping Anda harus memenuhi skor minimum 6 di setiap bidang (Berbicara, Mendengarkan, Membaca, dan Menulis), skor yang lebih tinggi akan memberi Anda lebih banyak poin!

Ada tiga score band IELTS (Competent, Proficient dan Superior) yang menunjukkan jumlah poin tertentu.

Jadi tunggu apalagi, persiapkan dirimu sejak sekarang untuk dapat meraih mimpimu di Australia ataupun negara lain yang menggunakan standar IELTS/TOEFL. Klik disini untuk dapatkan FREE Diagnostic Test International Exam Preparation (IELTS/TOEFL) dari EF, ketahui segera perkiraan score IELTS mu!

Close