Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Mau lanjut sekolah ke luar negeri ada persayaratan IELTS, apa sih IELTS?

Mau lanjut sekolah ke luar negeri ada persayaratan IELTS, apa sih IELTS?

IELTS TEST adalah tes bahasa inggris yang dibutuhkan pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. International English Language Testing System memiliki 4 bagian tes, yaitu listening test, reading test, writing test, dan juga speaking test. Mari kita bahas lebih lanjut tentang IELTS!

 

Pada umumnya tes IELTS diterima oleh institusi di negara Australia, Inggris dan Selandia Baru. IELTS adalah uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Pada tes IELTS, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British.

Para peserta tes IELTS boleh memilih Modul Akademik (bagi yang ingin mendaftar di universitas dan pendidikan tinggi lainnya) atau Modul Pelatihan Umum (bagi yang berencana mengikuti pelatihan non akademik, untuk memperoleh pengalaman kerja atau untuk tujuan keimigrasian. Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.

Bagian tes IELTS itu terdapat empat (4) bagian yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Untuk durasi listening 30 menit, Reading 60 menit, Writing 60 menit dan Speaking maksimal 15 menit, jadi totalnya waktu yang diperlukan untuk tes IELTS adalah 2 jam 45 menit

 

Listening Test

Tes Mendengarkan akan meliputi empat rekaman yang terpisah, dan masing-masing rekaman hanya akan diputar satu kali.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik Anda dalam mendengar dan memahami percakapan dan monolog yang disampaikan oleh para penutur asli Bahasa Inggris. Akan ada bermacam-macam topik, yang diucapkan dengan aksen dan suara yang berbeda.

Ketika tes Listening dilaksanakan, rekaman audio hanya diperdengarkan satu kali saja. Anda akan diberikan waktu untuk membaca pertanyaan di kertas soal Anda sebelum rekaman suara mulai diputar. Sambil mendengarkan audio, Anda harus menjawab serangkaian pertanyaan berdasarkan apa yang Anda dengar.

Reading Test

Tes Membaca dalam IELTS akan memuat beberapa jenis konten bacaan. Lalu Anda perlu menjawab rangkaian pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan tersebut.

Tes ini bertujuan untuk menilai seberapa baik cakupan keterampilan Anda saat membaca tulisan dalam Bahasa Inggris. Teknik yang diuji dapat berupa kemampuan membaca untuk mencari pengertian secara umum, mencari ide pokok, mencari rincian, memahami kesimpulan dan makna tersirat, mengikuti jalannya argumentasi, hingga mengetahui arah opini, sikap, atau tujuan dari sang penulis konten.

Writing Test

Dalam tes Writing, Anda akan menulis dua buah esai untuk menjawab dua tugas yang berbeda. esai ini disebut dengan juga IELTS Writing Task 1 dan Task 2. Pada tugas esai pertama ataupun Task 1, Anda diwajibkan menulis 150 kata. Sedangkan pada esai kedua atau yang disebut dengan Task 2, Anda wajib menulis lebih panjang yaitu sejumlah 250 kata. Secara utuh, Anda harus menyelesaikan tes Writing dalam durasi 60 menit. Tes ini bertujuan untuk menilai seberapa baik kemampuan Anda menyampaikan pendapat atau memberikan penjelasan dalam bentuk tulisan berbahasa Inggris.

Speaking Test

Maksud tes Speaking adalah untuk menilai kemampuan Anda dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris secara lisan. Kemampuan komunikasi yang jadi faktor penilaian tentunya tidak sembarangan. Untuk bisa meraih skor yang memadai, Anda harus bisa menunjukkan tingkat pemahaman yang baik terhadap IELTS Speaking Questions. Tanggapan Anda juga harus jelas dan memiliki keterkaitan langsung dengan topik soal tersebut. Jika ingin skor yang lebih baik, grammar serta tenses dan kosakata yang Anda pakai haruslah tepat sasaran. Selain itu amat penting untuk bicara dengan percaya diri, tanpa mengulang-ulang pertanyaan penguji atau kata-kata Anda sendiri. Karena di mata penguji Anda bisa terlihat kurang menguasai cara bicara dalam Bahasa Inggris dengan baik.

Konsultasikan Bahasa Inggris

Untukmu pejuang score IELTS / TOEFL Kalau kamu ada rencana ingin melanjutkan kuliah di luar / di dalam negeri dengan beasiswa atau bingung persiapan apa yang harus dilakukan, yuk coba Konsultasikan dengan EF

Kamu mendapatkan Gratis Konsultasi dan Placement Test dengan standar Internasional untuk mengetahui pelevelan bahasa Inggris kamu saat ini. Makin dini kamu tau level bahasa Inggris mu dimana, maka akan lebih banyak waktu untukmu mempersiapkan masa depan. Gunakan segera FREE Konsultasi dan Test nya! >> Klik disini atau banner di bawah ini ya

Close