Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

EF English Proficiency Index (EF EPI)

EF English Proficiency Index (EF EPI)

Apa Itu EPI ?

EF English Proficiency Index (EF EPI) adalah peringkat negara/wilayah terbesar di dunia berdasarkan kemampuan bahasa Inggris orang dewasa. Diterbitkan setiap tahun, EF EPI merupakan patokan internasional yang penting untuk kecakapan bahasa Inggris orang dewasa. Laporan EF EPI mengidentifikasi perangkap yang paling umum dan menyoroti strategi paling efektif untuk meningkatkan kecakapan bahasa Inggris.

Apa metodologi di balik indeks?

EF EPI menghitung rata-rata tingkat keterampilan bahasa Inggris dewasa di suatu negara/wilayah menggunakan data dari tiga versi EF SET yang berbeda. Dua versi terbuka untuk semua pengguna Internet secara gratis. Yang ketiga adalah tes penempatan daring yang digunakan oleh EF selama proses pendaftaran untuk kursus bahasa Inggris.

Untuk menghitung skor EF EPI suatu negara, setiap skor tes dinormalisasi untuk mendapatkan persentase jawaban yang benar untuk tes tersebut. Semua skor untuk suatu negara/wilayah kemudian dirata-ratakan di ketiga tes, memberikan bobot yang sama untuk setiap tes. Rata-rata regional dan global ditimbang berdasarkan populasi masing-masing negara/wilayah di setiap wilayah.

Siapa saja peserta tesnya?

EF EPI tahun ini mencakup peserta tes dewasa yang berusia 18 tahun ke atas dari 112 negara dan wilayah. Usia rata-rata sampel global ini adalah 26 tahun, dan ada keseimbangan yang rata antara jenis kelamin. Lebih dari 90% peserta tes bukan siswa EF.

Meskipun sampel peserta tes untuk EF EPI bias terhadap responden yang tertarik untuk mengejar pembelajaran bahasa dan orang dewasa muda, sampel tersebut secara kasar seimbang antara responden pria dan wanita dan mewakili pelajar bahasa dewasa dari berbagai tingkatan usia.

Responden perempuan terdiri dari 53% dari keseluruhan sampel.

Usia rata-rata responden dewasa adalah 26 tahun.

83% dari semua responden berusia di bawah 35 tahun, dan 96% berusia di bawah 60 tahun.

Usia median responden laki-laki adalah 27 tahun, sedikit lebih tinggi dari usia median responden perempuan, yaitu 26 tahun.

Hanya kota, wilayah, dan negara dengan minimal 400 peserta tes yang dimasukkan dalam Indeks, tetapi dalam banyak kasus, jumlah peserta tes jauh lebih besar.

Apakah sampel EF EPI representatif?

Kami menyadari bahwa populasi peserta tes yang diwakili dalam indeks ini dipilih sendiri dan tidak dijamin mewakili negara/kawasan secara keseluruhan. Hanya orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris atau ingin tahu tentang kemampuan bahasa Inggris mereka yang akan berpartisipasi dalam salah satu tes ini. Ini bisa mencondongkan skor lebih rendah atau lebih tinggi daripada populasi umum.

Selain itu, karena tes dilakukan secara daring, orang yang tidak memiliki akses Internet atau kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi daring secara otomatis dikecualikan. Di negara/kawasan di mana penggunaan Internet rendah, kami memperkirakan dampak pengecualian ini akan menjadi yang terkuat. 

Tentang Tingkat Kecakapan EF EPI

Tingkat kecakapan EF EPI mempermudah dalam mengidentifikasi negara-negara yang memiliki tingkat keterampilan yang sama serta untuk membuat perbandingan antara dan di dalam wilayah. Tugas yang tercantum untuk setiap kelompok kecakapan menunjukkan sebagian keterampilan yang seharusnya dicapai oleh individu di setiap tingkat. Negara yang tercantum adalah tiga negara teratas dari masing-masing kelompok. EF EPI hanya melakukan survey di negara dan wilayah yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Penting untuk diingat bahwa kelompok kecakapan suatu negara hanya menunjukkan tingkat "menengah" orang yang disurvei di negara tersebut. EF EPI berusaha membandingkan negara dan wilayah, sehingga mengabaikan kekuatan dan kelemahan individu.

Perhitungan Skor 

Untuk menghitung skor EF EPI, kami menggunakan komponen berbobot yang mencakup tes bahasa Inggris dan EF EPI dari tahun 2020. Pencantuman Indeks tahun sebelumnya membantu menstabilkan skor dari tahun ke tahun, tetapi peserta tes dari tahun sebelumnya tidak dihitung dalam total tes jumlah pengambil untuk tahun berjalan. Rata-rata regional ditimbang berdasarkan jumlah penduduk.

Berdasarkan ambang batas nilai, kami mengategorikan negara, wilayah, dan kota ke dalam beberapa kelompok. Hal ini memungkinkan terciptanya beberapa kelompok dengan kecakapan bahasa Inggris yang serupa dan perbandingannya dengan wilayah-wilayah lain.

CEFR   Skor EF EPI

C2    700-800

C1    600-699

B2    500-599

B1    400-499

A2    300-399

A1    200-299

Pre-A1 1-199

·   Tingkat Kecakapan Sangat Tinggi sesuai dengan CEFR tingkat C1.

·   Tingkat Kecakapan Tinggi dan Sedang sesuai dengan CEFR tingkat B2, di mana setiap tingkat EF EPI sesuai dengan     

     separuh dari tingkatan CEFR.

·   Tingkat Kecakapan Rendah sesuai dengan separuh atas CEFR tingkat B1.

·   Tingkat Kecakapan Sangat Rendah termasuk ke dalam separuh bawah CEFR tingkat B1 dan A2.

Daftar peringkat terbesar berdasarkan kemampuan bahasa Inggris di negara dan wilayah terbesar dunia 112 negara dan wilayah, laporan tahun ini merupakan yang terbesar

 

 

Ayo berpartisipasi  untuk menaikan rangking Indonesia di mata dunia, coba EF SET sekarang!

EF English First bisa menjadi andalanmu agar jago bahasa Inggris di sekolah. EF memiliki program premium online class untuk usia 3-18 tahun. Program ini dirancang khusus untuk meningkatkan aspek kemampuan bahasa Inggrismu. Dengan jumlah peserta yang terbatas dan dibimbing oleh seorang guru yang profesional, dijamin akan memberikan hasil yang optimal dan pengalaman belajar menyenangkan.

Tunggu apalagi? Test kemampuan Bahasa Inggris mu sekarang klik disini.

 

Close