Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Double Consonant, Kata dalam Bahasa Inggris yang Sering Salah Ejaan

Double Consonant, Kata dalam Bahasa Inggris yang Sering Salah Ejaan

Skipped, chopped, clapped. Dari ketiga kata Bahasa Inggris itu, apa saja persamaan yang bisa kamu temukan? Kalau kamu hanya menemukan bentuk past tense, tandanya kamu harus baca artikel ini karena Tom akan mengajarkanmu tentang konsonan rangkap atau double consonant.

Dalam ejaan Bahasa Inggris, yang dimaksud konsonan rangkap atau double consonant adalah dua huruf konsonan yang sama dalam sebuah kata yang letaknya bersebelahan. Selain kata dasar seperti tall, happy, dan comment yang memang punya double consonant, ada beberapa aturan kata yang bisa jadi double consonant.

Kata yang ditambahkan suffix

Double consonant bisa terbentuk saat kata dasar diberi imbuhan (suffix) yang diawali dengan huruf vokal seperti -ed, -ing, -er dan -est. Tapi, tidak semua kata yang berakhiran -ed, -ing, -er dan -est bisa jadi double consonant, loh! Kamu harus perhatikan tiga huruf terakhir dari kata dasarnya. Itu artinya, kamu harus hafal ejaan Bahasa Inggris setiap kata dengan benar.

Apa saja syaratnya?

Saat huruf akhirnya konsonan-vokal-konsonan

Jika kata Bahasa Inggris tersebut hanya punya satu suku kata, konsonan yang ada di akhir hampir selalu menjadi double consonant saat diberi suffix.

Contoh 

Chop - Chopping

Plop - Plopped

Beg - Begged

Drum - Drummer

Grin - Grinning

Split - Splitted

Sad - Saddest

Big - Biggest

Fit - Fitting

Grab – Grabbed

Huruf akhir konsonan-vokal-konsonan untuk dua suku kata

Ketika sebuah kata dengan dua suku kata punya huruf akhir konsonan-vokal-konsonan, double consonant hanya berlaku jika penekanan kata ada di suku kata kedua.

Contoh:

Admit - Admitting

Occur - Occurred

Begin - Beginning

Regret - Regretted

Control – Controlle

Tidak semua kata Bahasa Inggris yang berakhiran huruf konsonan bisa menjadi double consonant. Berikut ini pengecualiannya.

Saat kata Bahasa Inggris punya huruf akhir W, X atau Y

Contoh:

Box - Boxed

Row - Rowed

Play - Playing

Thaw - Thawing

Few – Fewer

Saat huruf akhirnya vokal-vokal-konsonan 

Contoh:

Rent - Renting

Tint - Tinted

Nail – Nailed

Saat huruf akhirnya vokal-konsonan-konsonan

Contoh:

Tall - Taller

Fall - Falling

Call – Called 

Apakah kamu sudah paham dengan penjelasan dan contohnya? Sebagai latihan, coba kamu tulis sebanyak-banyaknya kata Bahasa Inggris yang menjadi double consonant jika diberi imbuhan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang pelajaran bahasa Inggris?, Mari bergabung di EF dan kamu bisa belajar bahasa Inggris bersama guru yang professional, tersedia kelas offline / tatap muka. Yuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu bersama EF!

Klik disini untuk informasi lebih lanjut ya, atau kamu bisa klik banner dibawah ini!

 

Close