Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Dampak Besar MEA dan Globalisasi dalam Bidang Pendidikan

Dampak Besar MEA dan Globalisasi dalam Bidang Pendidikan

Tanpa disadari MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) memberikan dampak besar bagi setiap negara. Bentuk kerjasama anggota negara-negara Asean ini yaitu berupa perdagangan bebas, investasi dan jasa untuk mewujudkan wawasan ASEAN 2020, dengan adanya MEA peluang karir atau persaingan usaha akan semakin ketat walau pangsa pasar akan menjadi lebih luas.

MEA sendiri erat kaitannya dengan dampak globalisasi terutama dalam pendidikan, seperti adanya kemajuan teknologi dan informasi yang tiada batas dan diterapkan diberbagai bidang pendidikan. Selain itu globalisasi mempromosikan pertukaran kebudayaan lintas bangsa dan negara. Dalam pendidikan, pertukaran budaya terjadi lewat proses pembelajaran bahasa asing yang diajarkan di sekolah atau di universitas.

Oleh sebab itu, maka muncul banyak kebutuhan demi menunjang dan memperkuat setiap individu untuk menghadapi persaingan global. Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan merupakan wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi diri, baik dari segi kecerdasan emosional maupun keahlian teknis. Pendidikan merupakan kunci bagi perkembangan suatu bangsa, karena dengan pendidikan generasi di suatu negara bisa terdidik dan terlatih.

Dampak langsung dari fenomena ini tentu saja menimbulkan munculnya banyak lembaga pendidikan untuk menawarkan kemudahan, terutama lembaga pendidikan bahasa Inggris karena bahasa tersebut merupakan bahasa universal. Berbagai program pendidikan ditawarkan bahkan dengan hasil instan atau cepat. Fenomena ini menyebabkan banyak lembaga baru bermunculan dan berlomba-lomba menjanjikan hasil dan kemudahan, terutama lembaga pendidikan bahasa Inggris. Yang mana setelah dijalani hasilnya tidak sesuai dengan janji awal, sehingga biaya dan waktu terbuang sia-sia.

Sebenarnya hal apa saja sih yang perlu diperhatikan oleh orang tua dan calon murid dalam memilih tempat kursus ? Yuk kita simak tips berikut ini.

  1. SEMAKIN LAMANYA EKSISTENSI SUATU LEMBAGA, MENANDAKAN SEMAKIN TINGGI KEPERCAYAAN KONSUMENNYA.
    Sebelum kita memutuskan untuk belajar di suatu lembaga pendidikan, kita perlu tahu apakah lembaga tersebut sudah berpengalaman dan memang diakui setidaknya di Indonesia bahkan di luar negeri. Ini penting karena dengan diakuinya sebuah lembaga kursus secara worldwide, menandakan lembaga kursus tersebut telah terbukti diterima di banyak negara dan memiliki standard yang tinggi. Selain itu perlu ditanyakan dan lihat metode pengajaran, kurikulum, buku yang digunakan, fasilitas, lingkungan belajar atau sarana tempat kursusnya dan apakah sesuai dengan kebutuhan.

     

  2. PENTINGNYA TENAGA PENGAJAR YANG BERKUALITAS
    Hal penting lainnya adalah kita harus pastikan kalau lembaga tersebut memiliki tenaga pengajar yang baik, berpengalaman dan bersertifikat mengajar. Guru-guru dengan kepribadian yang baik dan menyenangkan sangat penting karena secara tidak langsung akan membuat muridnya lebih termotivasi untuk belajar.

     

  3. PENTINGNYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MURID
    Lembaga kursus yang terbaik dapat memotivasi muridnya, sehingga mereka lebih sadar dan aktif untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris. Tidak hanya ketika kursus melainkan juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan belajar mengajar yang efektif, tidak cukup hanya di kelas saja, apalagi hanya dengan metode satu arah yaitu, guru menerangkan di depan kelas, dan para murid hanya mendengarkan. Tetapi juga harus dikombinasikan dengan activity, studi kasus, bahkan kegiatan-kegiatan menarik lainnya di luar kelas.

     

  4. TEKNOLOGI, FITUR DAN FASILITAS PENDUKUNG JUGA BERPENGARUH
    Tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup di jaman yang dipenuhi teknologi modern dan harus selalu up to date sehingga tidak tertinggal. Dengan memanfaatkan teknologi modern seperti online learning, iPad application, Interactive Whiteboard (dengan layar sentuh) secara tidak langsung dapat memotivasi siswa dalam belajar. Ditambah dengan Wi-Fi, Internet Corner, dan Lounge dapat membuat murid juga lebih nyaman berada di lingkungan tempat kursusnya. Perlu dicari tahu juga apakah tempat kursus tersebut punya fitur tambahan lain yang dapat men-support siswanya seperti, apakah ada pelajaran tambahan selain jam kursusnya apabila murid merasa butuh atau masih kurang pemahamannya di bagian tertentu, atau bahkan adakah sesi khusus untuk membahas PR sekolah atau tugas kantor yang berkaitan dengan bahasa Inggris.

     

  5. PENTINGNYA SISTEM PELEVELAN STANDAR INTERNASIONAL
    Sebagai contoh, ada murid di tempat kursus A yang levelnya sudah advance, lalu coba test di tempat kursus B ternyata hasilnya intermediate. Hal seperti ini kadang bisa membuat murid tersebut merasa sudah pandai karena levelnya yang sudah advance, padahal ternyata kalau murid tersebut pergi ke luar negeri, dia belum tentu bisa mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggrisnya dengan baik. Di English First, standar pelevelan dan sertifikasinya sudah internasional karena digunakan dan diakui di seluruh dunia. Bahkan ada konversi ke standar lain seperti Cambridge, TOEFL®, IELTSTM.

     

  6. BANYAKNYA KELAS BERJALAN, MEMASTIKAN MURID-MURID DITEMPATKAN SESUAI DENGAN LEVELNYA
    Penempatan sesuai level murid di kelas juga penting guna mendukung progress pembelajaran siswa di dalam kelas. Perlu dicari tahu apakah lembaga kursus tersebut jumlah kelas berjalannya banyak dan levelnya beragam. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir ditempatkan di level yang mungkin tidak sesuai dengan kemampuan dan tersedianya kelas level berikutnya lebih terjamin.

     

Kesimpulannya, memilih lembaga kursus haruslah SMART! Terlebih lagi jika ini menyangkut masa depan kita atau anak-anak kita. Pilihlah lembaga kursus yang memiliki pengalaman luas, guru professional, datangi dan lihat sendiri fasilitas yang ditawarkan dan buku-buku yang digunakan. Jika perlu, minta untuk sesi kelas percobaan gratis, agar bisa merasakan sendiri apa keunggulan lembaga kursus tersebut dibandingkan dengan lembaga kursus sejenis lainnya.

Close