Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Apa itu degree of comparison?

Apa itu degree of comparison?

Kamu sudah memiliki rencana untuk belajar bahasa asing maka wajib untuk mengetahui aturan baku dari penggunaan kata degree of comparison dalam suatu kalimat. Mengapa? Hal ini karena terdapat beberapa orang yang kerap menggunakan double comparative atau double superlative dalam satu kalimat, sehingga mengakibatkan grammatical errors. Yuk simak penjelasan di bawah ini ya.

Degree of comparison digunakan sebagai kata pembanding antar objek. Bisa berupa kata sifat atau adjective maupun kata keterangan atau adverb.

Cara paling mudah untuk mengetahui bentuk kalimat yang menggunakan degree of comparison yaitu dengan kata kunci: more, less, the most, dan yang lainnya. Tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu kalimat apa yang cocok menggunakan frasa tersebut dalam bentuk degree of comparison.

Jenis dan contoh degree of comparison

Terdapat tiga jenis degree of comparison yang bisa kita gunakan untuk menyatakan perbandingan dalam bahasa Inggris, di antaranya adalah positive degree, comparative degree, dan superlative degree.

Positive degree

Positive degree merupakan bentuk sederhana dari degree of comparison karena tidak terdapat perbandingan di dalamnya.

Positive degree ini hanya menyatakan suatu hal dengan perbandingan yang sama, sehingga kita dapat menggunakan frasa “as …. as” untuk melengkapi kalimat tersebut.

Contoh kalimat dari positive degree:

·   I want to look as beautiful as my mother (Saya ingin terlihat secantik ibuku)

·   You should practice karate as often as you can (Kamu harus berlatih karate sesering yang kamu bisa)

·   Ben looks as handsome as Arya (Ben terlihat seganteng Arya)

Comparative degree

Comparative degree digunakan untuk membandingkan dua hal dalam satu kalimat. Umumnya, saat menggunakan comparative degree perlu menambahkan akhiran -er atau -ier. Misalnya pada kata angry, maka dapat kamu ubah menjadi angrier.

Comparative degree sebagai adverb juga bisa ditambahkan kata more sebelum adjective seperti more angrily, more happily, dan seterusnya.

Superlative degree

Superlative degree digunakan untuk membandingkan tiga hal atau lebih dalam satu kalimat. Jika dalam bahasa Indonesia kita sering menggunakan kata “paling”, maka di superlative degree ini frasa yang digunakan adalah “most” atau mengubah akhiran dari adjective menjadi -est, seperti happy menjadi happiest.

Contoh kalimat dari superlative degree:

· Sandy is the smartest student in my school (Sandy adalah murid yang paling pintar di sekolahku)

· Among the three basketball players, Beni is the most handsome man! (di antara tiga pemain basket itu, Beni pria yang paling tampan!)

Cara mudah membedakan ketiga jenis degree of comparison

· Ben is hungry (positive degree)

· Ben is hungier than me (comparative degree)

· Ben is the hungriest of all (superlative degree)

Setelah kamu mempelajari pengertian, jenis, dan contoh dari degree of comparison di atas, apakah kemampuan bahasa Inggris kamu semakin meningkat? jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu, yuk bergabung dengan EF.

EF memiliki program premium online class dan offline class untuk usia 3-18 tahun. Program ini dirancang khusus untuk meningkatkan aspek kemampuan bahasa Inggris kamu.

Yuk daftar sekarang! Mau coba kelas gratis klik disini atau banner di bawah ini ya.

 

Close