Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Anak Susah Mempelajari Bilingual ? Coba Terapkan ini

Anak Susah Mempelajari Bilingual ? Coba Terapkan ini

Menguasai lebih dari satu bahasa kini menjadi semakin penting. Makanya ada banyak orang tua yang melatih anaknya untuk menggunakan setidaknya dua bahasa sejak kecil. Selain menambah skill baru, menguasai dua bahasa atau lebih juga banyak manfaatnya, baik untuk sekarang maupun di masa depan. 

Belajar bahasa dapat meningkatkan kekuatan otak, kemampuan problem solving, fungsi kognitif, dan kreativitas anak. Studi juga menyebutkan bahwa anak-anak yang bilingual biasanya lebih unggul secara akademik. Dengan belajar bahasa asing, Anda juga jadi bisa memperkenalkan budaya lain kepada anak Anda.

Tak hanya itu, menguasai dua bahasa atau lebih juga bisa memberi dorongan bagi masa depan dan karier anak Anda. Dengan menjadi bilingual, anak Anda akan memiliki keuntungan lebih dalam dunia kerja yang kompetitif. Peluang karir yang terbuka juga jadi lebih luas. 

Dengan semua manfaat tersebut, tentu sebagai orang tua Anda ingin anak Anda tumbuh menjadi bilingual atau bahkan multilingual, bukan? Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.

 

Pergunakan Bahasa dalam setiap aktivitas anak.

Orang tua dapat berpartisipasi menggunakan kosa kata yang sehari-hari untuk memulai memperkenalkan bahasa Inggris sejak dini kepada anak. Tentunya ini akan membangun kepercayaan diri anak juga untuk mencoba dan mulai memperbanyak kosa kata dalam bahasa Inggris. Tidak dapat dipungkiri jika cukup banyak orang yang mengerti bahasa Inggris, namun takut atau malu mempraktekkannya.

Terapkan metode ini dalam setiap aktivitas yang Anda lakukan bersama anak, mulai dari makan pagi, berangkat sekolah, hingga membacakan cerita sebelum tidur. Dengan begitu, anak bisa tumbuh terbiasa dengan bahasa asing.

 

Belajar sambil bermain 

Jangan paksa anak untuk belajar bahasa asing layaknya di sekolah. Buat anak Anda tertarik dengan melibatkan bahasa asing dalam berbagai aktivitas yang ia sukai. Misalnya ia suka menonton film, bercerita, membaca, atau bernyanyi.

Belikan fasilitas yang menunjang aktivitas tersebut. Misalnya jika anak Anda suka membaca, belikan buku cerita dalam bahasa Inggris. Jika anak Anda suka bernyanyi, belikan CD lagu anak-anak berbahasa Inggris. Dengan demikian, kosakatanya juga bisa terus bertambah dan ia pun bisa belajar mengekspresikan dirinya dalam bahasa asing layaknya native. 

Selain mengajak anak berbicara dan beraktivitas menggunakan bahasa lain, pastikan juga anak terus mendapat tambahan kosakata baru sehingga ia bisa semakin mahir. Selain kosakata, ajak juga anak untuk belajar hal-hal dasar seperti struktur dan tata bahasa. 

Semakin suka maka akan semakin tertarik

Jangan hanya perkenalkan bahasanya, perkenalkan juga budaya dari bahasa tersebut! Ajak anak mengenal sejarah dan budayanya. Pelajari tentang tradisinya, kisah-kisah legenda, makanan-makanannya dan lain-lain. 

Jika memungkinkan, ajak anak makan makanan yang berkaitan dengan bahasa yang sedang ia pelajari. Dari sana, anak jadi bisa lebih mengenal dan tertarik dengan bahasa yang ia pelajari. 

Jika mereka menyukai atau tertarik maka akan menumbuhkan rasa penasaran dan semangat pada anak untuk mengenal lebih jauh bahasanya.

Sekarang ini ada banyak sumber yang bisa Anda eksplor. Manfaatkan teknologi internet. Video-video di Youtube, website permainan untuk anak, dan aplikasi-aplikasi interaktif bisa menjadi sarana yang efektif. Tentu dengan tetap membatasi screen time anak ya. 

 

Bergabung dengan lembaga kursus 

Tak hanya sembarang lembaga kursus, tapi carilah lembaga yang telah memiliki banyak pengalaman dan review yang bagus, serta tak lupa metode-metode nya juga harus bagus dan guru berpengalaman. Dan carilah lembaga kursus yang memiliki metode menarik yang tak hanya mengajarkan bahasa, tapi juga menumbuhkan rasa percaya diri.

Saat ini Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang wajib untuk dipelajari. EF (English First) memiliki metode pembelajaran interaktif meskipun kita masih terbatas oleh online learning, lembaga kursus EF memiliki program khusus yang disebut Premium Online Class, yang berbeda dari lembaga lainnya. Dimana murid dapat berinteraksi menggambar, menulis mengikuti kuis tanya jawab tidak hanya duduk diam bertatap muka di aplikasi online tersebut.

Lingkungan sekitar dengan teman-teman, staff dan guru yang menggunakan sepenuhnya bahasa Inggris, dapat membantu anak untuk terus pede dan aktif mempraktekkan bahasa Inggrisnya.

Yuk coba kelas GRATIS dengan klik disini, atau banner di bawah ini.

 

Close