Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

7 Cara Mudah Mengenali Minat Dan Bakat Anak Sejak Dini.

7 Cara Mudah Mengenali Minat Dan Bakat Anak Sejak Dini.
  1. OBSERVASI
    Bakat pada diri seseorang itu bersifat logis, tidak tiba-tiba muncul dan seketika membuat anak menjadi pandai dalam bidang tertentu. Anda perlu memberi rangsangan pada anak untuk bisa lebih bereksplorasi terhadap diri dan lingkungannya melalui berbagai kegiatan serta perhatikan kegiatannya setiap hari lalu catat apa yang ia suka.

  2. LIST POIN DAN LAKUKAN KLARIFIKASI
    Ketika Anda sudah melakukan observasi, tanyakan kepada anak dari poin yang Anda tulis apakah itu benar? Setelahnya buat kegiatan yang disukai anak secara lebih fokus dan sering, ini berguna untuk melihat perkembangan anak dikegiatan yang ia sukai.

  3. BERLATIH
    Jika ternyata banyak hal yang anak Anda sukai, amati kecerdasan mereka dengan melakukan aktivitas tersebut satu persatu , jika sudah mendapatkan hasilnya anak lebih suka dan berkembang dikegiatan apa buatlah jadwal baru untuk mendukung hal tersebut.

  4. BERI DUKUNGAN POSITIF DILINGKUNGAN MEREKA
    Seorang anak sangat perlu mendapat dukungan positif dari lingkungan sekitar untuk mengembangkan bakatnya. Seperti contoh, anak yang menyukai musik, Anda bisa menyediakan ruangan kecil untuk ia bermain musik dan berikan pengetahuan tentang apapun yang bisa mendukung perkembangan bakat anak.

  5. MEMBERIKAN FASILITAS
    nda juga bisa memberikan latihan khusus diluar rumah seperti les yang disesuaikan bakat anak dan mengikuti komunitas untuk menunjang bakat anak Anda.

  6. APRESIASI DAN EVALUASI BAKAT ANAK
    Bagaimanapun hasilnya, Anda perlu mengapresiasi mereka. Berikan semangat penuh setiap hari. Jika anak Anda belum berhasil atau melakukan kesalahan, evaluasi dengan belajar bersama dan tanyakan kesulitan apa yang mereka rasa.

  7. LATIHAN, LATIHAN DAN LATIHAN
    Jika anak selalu berhasil dalam setiap lomba, perkembangannya semakin baik. Namun mereka tetap perlu konsisten untuk latihan, berikan penjelasan bahwa untuk menjadi yang terbaik dan mendapatkan sesuatu atau ahli dalam satu bidang, ia perlu berusaha keras agar yang ia inginkan terwujud.

Close